Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Uang Dengan Baik



Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan jangka panjang pada ekonomi Indonesia dan cara orang mengelola uang mereka. Ribuan perkerja kehilangan pekerjaan mereka/PHK, sementara banyak perusahaan yang menetapkan bekerja melalui jarak jauh (WFH). Ada juga yang memindahkan anak-anak mereka ke sekolah swasta atau memulai homeschooling sebagai tanggapan terhadap wabah virus.


Semua perubahan itu berarti sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mengevaluasi kembali situasi uang Anda. Ini sangat penting bagi mereka yang telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir dan perlu mengandalkan langkah-langkah bantuan sementara seperti pembayaran stimulus atau pembayaran pinjaman siswa yang dihentikan sementara untuk mempertahankan anggaran mereka.


Membuat anggaran hanyalah salah satu bagian dari cara mengelola uang, dan jika Anda memulai dari sana, Anda akan kehilangan informasi penting. Berikut ada 4 langkah yang harus Anda ambil untuk mengelola uang dengan benar:


  • Pahami situasi keuangan Anda saat ini.
  • Tetapkan prioritas pribadi dan tujuan keuangan.
  • Buat dan patuhi anggaran.
  • Siapkan dana darurat.



1. Pahami situasi keuangan Anda saat ini

Sebelum Anda dapat mulai mengelola uang Anda dengan lebih baik, Anda perlu memperhitungkan situasi Anda saat ini serta  harus mengetahui ke mana uang Anda digunakan.


Langkah paling dasar untuk memahami situasi keuangan Anda saat ini adalah mencatat semua pendapatan dan pengeluaran rutin bulanan Anda. Jika itu terdengar berlebihan, Anda dapat memanfaatkan banyak aplikasi yang dapat secara otomatis melakukannya.


Jika Anda tidak nyaman menautkan rekening bank Anda ke aplikasi, simpan tanda terima selama sebulan untuk menentukan di mana uang dibelanjakan di luar tagihan utama seperti sewa, utilitas, dan pembayaran utang. Ini bisa menjadi peringatan untuk Anda  menyadari berapa banyak uang yang dihabiskan untuk barang-barang seperti bahan makanan atau makan di luar.


Bekerja dengan seorang profesional adalah cara lain untuk memahami situasi keuangan Anda saat ini, dan Anda dapat menemukan bantuan ini secara gratis.


2. Tetapkan prioritas pribadi dan tujuan keuangan

Jika Anda telah menetapkan situasi keuangan Anda saat ini, inilah saatnya untuk menentukan apakah itu sesuai dengan nilai-nilai Anda. Anda tidak hanya memiliki satu tujuan dalam hidup, namun punya banyak tujuan. Dan menentukan apa yang ingin Anda capai dengan uang Anda dapat membuat proses pembuatan anggaran yang layak menjadi jauh lebih mudah.


Contohnya, apabila Anda menghabiskan akhir pekan bersama keluarga merupakan prioritas, membayar layanan tata graha dapat membebaskan waktu yang berharga dan menjadi penggunaan uang yang cerdas. Namun tidak masuk akal apabila perjalanan merupakanh prioritas yang lebih besar menurut Anda. Dalam hal ini, uang yang dihabiskan untuk rumah tangga mungkin lebih baik dari pada dihabiskan untuk liburan.


Saat menetapkan tujuan keuangan, orang dapat membuat kesalahan dan membatasi diri mereka. Tujuan keuangan bisa besar atau kecil – mulai dari menabung untuk pembelian sederhana hingga menghabiskan liburan mewah – dan menggabungkan beberapa tujuan jangka pendek dapat membantu Anda tetap termotivasi.


3. Buat dan patuhi anggaran

Menulis anggaran dapat menunjukkan bagaimana penghasilan Anda akan dibelanjakan setiap bulannya menjadi mudah. Namun, untuk memulainya seringkali menjadi sebuah tantangan. Banyak orang yang tidak displin untuk membatasi pembelian impulsif, atau mereka mungkin merasa terlalu dibatasi karena harus merencanakan pengeluaran mereka sebelumnya.


Jika Anda menemukan tidak ada cukup uang untuk membayar semua yang Anda inginkan, cari cara lain untuk mengurangi pengeluaran Anda. Sementara menghindari pembelian yang tidak begitu penting dan berulang seperti layanan streaming atau kopi, jangan lupakan pengeluaran yang lebih besar dan tidak teratur.


4. Siapkan dana darurat

Bagian dari cara mengelola uang dengan lebih baik adalah dengan menyisihkan uang tunai untuk kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau kendaraan rusak.


Cara terbaik untuk mendapatkan dana darurat ini adalah dengan memasukkan tabungan ke dalam anggaran Anda. Sehemat apapun Anda tergantung pada berapa banyak uang ekstra yang Anda miliki, tetapi aturan umum adalah menabung 10% dari pendapatan Anda untuk menabung dana darurat setiap bulannya dengan tujuan mencapai jumlah yang sama dengan sekitar tiga sampai enam bulan dari pengeluaran biasa Anda.


itulah beberapa tips untuk mengelola keuangan Anda dengan benar, terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat untuk kita semua.