Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang di YouTube



Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang orang-orang yang menghasilkan uang dari YouTube dan berpikir, "Hei, saya juga bisa melakukan ini!". Untuk menghasilkan hingga ribuan dolar mungkin cukup sulit, tapi hal itu mungkin saja Anda dapatkan apabila berkerja maksimal. 

Namun setidaknya Anda dapat mulai menghasilkan uang, terutama jika Anda memiliki basis pelanggan yang kuat. Ikuti panduan ini untuk membuat video Anda dimonetisasi dan mulai mendapatkan penghasilan dari iklan YouTube tersebut.


LANGKAH > 1

Siapkan dan bangun Channel YouTube Anda. Channel Anda adalah kehadiran karakter Anda di YouTube. Setiap akun YouTube memiliki satu Channel yang melekat padanya. Akun YouTube sama dengan akun Google, dan membuat akun YouTube akan memberi Anda akses ke produk Google lainnya, seperti Gmail dan Drive dan lain sebagainya

Buat akun Anda atau gunakan yang sudah ada. Tambahkan kata kunci supaya penonton mudah menemukan Channel Anda. Anda dapat menambahkan kata kunci di bagian Lanjutan pada Pengaturan Channel Anda. Buatlah kata kunci yang relevan dengan konten Anda.


Usahakan nama Channel Youtube Anda singkat, mudah diingat, dan orisinal, orang akan lebih cenderung mengingat Anda. Namun jika Anda menggunakan akun yang sudah ada, Anda selalu dapat mengubah nama pengguna dengan mengeditnya di akun Google Anda. Perlu diingat, Anda hanya dapat mengubah nama pengguna Anda maksimal 3 kali sebelum Anda harus menunggu 90 hari untuk mengubahnya lagi.


LANGKAH > 2

Upload konten. Cobalah untuk mengunggah video yang berkualitas tinggi, dan tidak terlalu panjang. (Opsi ini dapat bervariasi tergantung pada jenis video yang Anda putuskan untuk diunggah) Coba juga untuk mengunggah secara teratur dan tetap konsisten dan terjadwal.

Bahkan jika konten Anda pada awalnya tidak bagus, teruslah melakukannya. Cobalah terus berusaha untuk membuat video Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Anda akan sering belajar sambil jalan.


Tingkatkan video Anda dengan menggunakan kamera yang lebih baik atau mencoba perangkat lunak atau teknik pengeditan yang lebih baik. Juga mencoba untuk meningkatkan dengan hal-hal baru yang meningkatkan kualitas konten.

Gunakan tripod, mintalah bantuan teman Anda. Itu semua membantu untuk konten akhir yang lebih baik yang pada gilirannya membantu Anda mendapatkan audiens yang lebih baik. Jika Anda tidak mempunyai cukup uang untuk membeli lampu putih terang, Anda bisa duduk di dekat jendela yang cerah, atau melakukannya di luar.


Dengan mengunggah secara teratur, Anda dapat membantu mempertahankan pemirsa. Orang-orang lebih cenderung berlangganan jika Anda menambahkan konten secara teratur serta terjadwal, dan tetap konsisten mempertahankan semua itu

Pastikan untuk menandai video Anda dengan kata kunci yang mendeskripsikan isi video, serta deskripsi yang menarik. Ini akan membantu mengarahkan orang untuk menonton video Anda dari mesin penelusuran YouTube.


LANGKAH > 3

Dapatkan penonton. Membangun audiens adalah kunci untuk meningkatkan pendapatan Anda. Anda membutuhkan orang untuk menonton iklan Anda untuk menghasilkan uang dari mereka. Tidak ada rahasia untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, buat saja konten terbaik yang Anda bisa dan mereka akan datang kepada Anda.

Terkadang akan ada pembenci, jadi Anda hanya perlu mengabaikannya. Jika Channel Anda ingin berkembang maka Anda harus percaya diri.


Terus upload konten dan coba buat orang tertarik. Kirim video Anda ke Twitter dan Facebook. Bagikan ke orang-orang. Sebarkan di tempat lain di internet. Pelanggan sangat penting untuk menjadi mitra.

Berinteraksi dengan penonton Anda dengan menanggapi komentar dan sesekali membuat video yang terkait langsung dengan komentar dan pertanyaan penonton.


LANGKAH> 4

Menjadi mitra YouTube. Partner YouTube adalah anggota YouTube yang telah memonetisasi video dengan jumlah penonton yang banyak. Partner mendapatkan akses ke lebih banyak alat untuk pembuatan konten. Partner juga mendapatkan akses lebih banyak dukungan dan kiat komunitas setelah disetujui bergabung menjadi Partner Youtube.

Anda dapat mengajukan permohonan monetisasi YouTube kapan saja melalui halaman Partner YouTube. Untuk mendapatkan akses monetisasi Anda memerlukan setidaknya 4.000 jam waktu tonton dalam 1 tahun terkahir dan 1.000 Subscribe.


LANGKAH > 5

Siapkan Google AdSense. Anda dapat mendaftar Google AdSense di situs web AdSense kemudian menghubungkannya ke Channel Youtube Anda. Pertama buka situs Adsense kemudian klik tombol Daftar Sekarang untuk mulai membuat akun Anda. Satu hal yang harus Anda ketahui, untuk mendaftar akun Adsense harus berusia 18 tahun ke atas. Jika Anda lebih muda dari itu, Anda bisa menggunakan KTP orang tua atau saudara.


Anda memerlukan PayPal atau rekening bank dan alamat surat yang valid serta informasi lainnya sehingga AdSense dapat memverifikasi siapa Anda dan kepada siapa uang akan dikirim. Anda akan mendapatkan uang dari klik iklan dan iklan yang tayang pada video anda. Inilah sebabnya Anda harus membuat video semenarik mungkin supaya banyak yang menonton video Anda.


LANGKAH > 6

Untuk mulai mendapatkan uang dari video Anda, Anda harus mengaktifkan monetisasi pada setiap video di Channel Anda. Dengan begitu Anda telah mengizinkan YouTube untuk menempatkan iklan di video Anda. Pastikan juga tidak ada materi yang berhak cipta dalam video Anda.

Buka situs Youtube (www.youtube.com) dan klik "Channel Anda".

Setelah itu cari "Pengelola Video" pada bagian bilah sebelah kiri.


LANGKAH > 7

Untuk memonetisasi video ketika diupload, klik tab Monetisasi kemudian mencentang kotak "Monetisasi dengan Iklan".

Untuk memonetisasi video setelah Anda unggah, buka Pengelola Video Anda dan klik tanda "$" di samping video yang ingin Anda aktifkan monetisasinya. Centang kotak "Monetisasi dengan Iklan".


LANGKAH > 8

Periksa analitik Anda. Setelah Anda memiliki beberapa video, dimonetisasi, dan dilihat, Anda dapat memeriksa analitiknya untuk melihat bagaimana kinerjanya. Klik opsi Analytics di menu Channel Anda. Di sini Anda dapat melihat estimsi pendapatan, kinerja iklan, penayangan video, demografi, dan lainnya.

Manfaatkan fitur ini untuk melihat bagaimana konten Anda berintraksi dengan audiens Anda. Anda dapat mengubah konten atau pemasaran Anda jika ternyata Anda tidak menarik pengguna yang Anda inginkan.


LANGKAH> 9

Promosikan video Anda di tempat lain. Jangan letakkan video Anda hanya di YouTube! Anda dapat menyematkan video Anda di Blog atau situs media sosial. Semakin banyak yang melihat, semakin baik. Dengan membagikan tautan atau menyematkan video di internet, Anda meningkatkan peluang jumlah penonton.